Keluasan Hati

31/07/13



                Ikhlas itu cuman 1 kata dan cuman terdiri dari 5 huruf, ngucapinnya pun juga mungkin gak butuh lebih dari 1 detik. Tapi untuk nerapinnya butuh keluasan hati yang mungkin ngalahin luas samudra di dunia *bneran .
                Sering banget aku denger kata-kata ikhlas, dari ustad,mudabbir, bahkan aku sendiri yang ngoceh. Tapi kalau udah praktek di lapangan gini susah. Emang, ujian sekolah ama ujian hidup walaupun soal dan jawabannya sama persis,tapi punya cara jawab beda...  Gak semudah tinggal tulis kayak di ujian sekolah, tapi butuh lebih dari sekedar keluasan hati..
                Tapi sejujurnya di lapangan lah ilmu tentang keluasan hati kita dapatkan. Dari keluargalah kita dapat,  dari lingkunganlah kita belajar, dan dari mahlukNya lah kita mengerti hakikat keluasan hati.
               
Kadang aku merasa kecil dan malu saat mendengarkan kejujuran keluarga dan teman-temanku. Saat melihat ketulusan mereka untuk tetap menjaga dien ini. Dan aku sungguh merasa malu saat bercerita di depan mereka tentang arti sebuah keikhlasan sedangkan aku sendiri belum bisa meluaskan hati ini, menerima apaadannya apa yang Allah telah gariskan untukku.
                Kalo ngomong tentang ikhlas emang ga bakal kehabisan materi, selalu ada aja yang bisa buat didiskusikan, dibahasa, bahkan didebatkan. Karena itu mungkin, ikhlas jadi bagian terpenting dari suatu amal, bukan sedikit atau sebagian tapi semuanya. Namanya ikhlas ga boleh hanya di awal, tapi juga tengah hingga ke penghujung amal.
                Saat SAPALA misal, dari awal, tengah, ampe akhir gue slalu dapet cekokan dari para mudabbir buat ikhlas, ikhlas dan ikhlas. Kadang gue mangkel, ni mudabbir apa ga punya materi laen buat dicekokin ke adho’nya?? Masak dari tadi ikhlas ikhlas dan ikhlas mulu, bosen mbel,.. Tapi habis dilantik gue pun paham, kalo ikhlas lebih diutamakan... Bewh
                Gue juga dapet kisah dari seorang ustad gue, namanya *** *****, sori ga gue sebut, takut tu orang geer :D *sory tad ga maksud. Dia punya temen deket, deket banget, bahkan mungkin ngalahin deketnya romeo ama juliet *kalo ini lebay.. Mari kita dengarkan tutur kisah beliau :
                “ Kalian pada tahu kan ustad fulan, beliau itu sahabat saya. Sahabat deket. Saya bersyukur beliau sekarang bisa jadi mudir di ma’had x. Saya belajar banyak dari beliau. Belajar tentang arti keikhlasan yang sesungguhnya. Beliau adalah anak orang miskin, dan uang saku beliau termasuk yang terdikit diantara kami. Suatu ketika beliau mengumpulkan uang buat beli sepatu baru. Beliau mengumpulkannya selama berbulan-bulan, dan alhamdulillah Allah mengabulkan keinginan beliau. Tapi tanpa disangka, dalam waktu kurang dari seminggu sepatu beliau lenyap seolah ditelan bumi. Namun kalau kalian tahu, apa yang beliau katakan? Bukan keluhan atau gerutuan atas ketidakpuasan pada Allah, tapi dengan penuh keluasan hati beliau mengikhlaskannya. Beliau berkata “mungkin sepatu itu bukanlah menjadi rezekiku”. Masya Allah ” Gue abis denger cerita ini langsung nangis *okay yang ini boongan
                BTW, gue ingat kata-kata mudabbir gue, “ Jadilah kalian kayak gula, punya andil besar dalam sesuatu, tapi rela namanya tidak disebutkan. Secara yang ada juga cuman es teh, bukan es teh gula dan kalaupun buat bedain ama teh pahit juga tetep dinamai teh manis, bukan teh dengan gula.... Waw
                Begitulah.. Jadi kalo ga sekarang kita meluaskan hati kita, kapan kita mau mulai???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS