Ngapal Cepet Sebelum Ujian

06/05/14


Hai sobat gue yang tambah kece, bentar lagi ujian ya? Kalau diitung-itung masih sekitar 18 hari lagi. Udah pada siap?
Oke, sekarang disini gue pengen sekedar berbagi buat yang belum pada nyampe target. Semangat dong. Masih ada 18 hari. Masih kurang banyak? Gak papa bisa kok. Itu semua gak mustahil. Katakan aku rapopo dengan sisa waktu yang mepet. Bisa deh bisa.
Pesan gue sih jangan pernah pesimis. Kan kalian udah pada punya El Huffazh, jangan Cuma dibaca doang dong, diyakini dan dipraktekkin jauh lebih penting. Yang penting yakin aja deh, apa yang dikatakan manusia mustahil, bakal bisa dilakukan kalau percaya pada-Nya, Insya Allah yang namanya ujian atau ngejar setoran mah kecil.
Biasanya yang sering jadi kendala itu susah bagi waktu. Alasan yang klise banget. Nah, biar kalian gak pada nyari-nyari alesan lagi, gue pengen sedikit bagi tips bagi waktu buat kalian. Jadi senyum dong J
Jadi kita kira-kira dalam satu hari kudu punya target yang jelas, misalnya ¼ juz, jadi dalam 18 hari ini kalian kira-kira dapet 3 juz plus 6 hari buat persiapan juz’iyyah.
Pagi, sebelum subuh itu enaknya buat ngapal. Tapi gue saranin mending lebih banyak dipake buat munajat sama Allah aja, minta biar kita dipermudah. Baru nyicil baca dikit-dikit. Intinya fokus ke doa lah.
Habis subuh baru, power on. Ambil satu halaman 30 menit, jadi di pagi hari bisa dapet sekitar 2 halaman.
Siang, habis Dzuhur jangan langsung makan. Baca lagi, lumayan kalo bisa dapet 1 halaman. Berarti kita udah dapet 3 halaman kan?
Sore, karna ada tausyiah dari Syaikh Hisyam ya berarti 1 halaman lah. Malem pas murojaah, diselesain 1 halaman terakhir terus murojaah 5 halaman yang udah kita dapet hari itu.
Habis makan malem, pake aja buat baca halaman yang mau kita hafal besok. Misalnya kita ngaji sampai jam setengah sebelas, berarti kira-kira kita bisa baca 5 halaman tadi 12 kali. Lumayan banget kan?
Itu tadi Cuma sekedar tips sih. Terserah mau pada kalian praktikkan nggak. Tapi ingat ini Cuma contoh doang. Semuanya akhirnya kembali ke kalian. Yah kalo misalnya 30 menit belom bisa hafal 1 halaman, berarti tambah lagi porsi ngajinya. Pokoknya yang penting yakin aja deh, bisa Insya Allah.
Sebenarnya kalau menurut gue sih, selain manajemen waktu, ada beberapa hal lain yang kudu diperhatikan. Soalnya ini menyangkut dengan barakah, men.
Pertama, jangan suka bolos kegiatan yang ada di ma’had. Ini penting banget, dan kegiatan itu bisa berupa apa saja. Bisa Tai Chi, Sekolah, Halaqoh Tahfizh, maupun ta’lim dari Syaikhain. Karena kita gak tahu, jangan jangan karena kita suka bolos justru hafalan kita jadi susah. Kenapa? Karena “innamal Mu’minuna Alladzina amanu billah wa rosulihi wa idza kaanuu ma’ahu ‘alaa amrin jaami’in lam yadzhabuu hatta yasta’dzinuuh..” Gimana?
Mungkin ada yang punya alasan, kita kan bolos buat ngaji. Menurut gue sih sama aja. Daripada kalian bolos, terus malah gak dapet barakah, mending kalian langsung ngomong ke ustadz yang bersangkutan, “afwan tadz ana gak bisa ikut kegiatan, soalnya lagi ngejar target hafalan”. Insya Allah ustadznya pengertian kok. Bahkan barangkali nanti kita malah didoain ama mereka. Lebih bagus kan?
Terus kedua, perbanyak ibadah, bisa sholat sunah, puasa sunah, sedekah, atau yang lainnya. Coba aja kalian lihat mereka yang hafalannya cepet, kebanyakan ibadahnya bagus ato enggak? Pada tahu sendiri kan?
Ketiga, tetep cari refreshing. Kita manusia men, butuh istirahat. Pikiran jangan cuman terus dingoyo buat ngapal terus. Sediakan waktu buat refreshing, yah kira-kira setengah jaman lah. Bisa jalan-jalan, berkuda, lari, makan, atau taklim. Yang penting jangan kebablasan aja.
Keempat, manfaatkan musyrif kelas 3 yang masih di pondok buat nyetor sebanyak-banyaknya. Mubadzir kalo gak disetori.
Terakhir, perbanyak doa. Baik dari diri kalian, atau minta ke orang-orang di sekitar kalian.
Mungkin Cuma itu doang yang bisa gue bagiin. Semua akhirnya kembali ke kalian. Dan gue cuman bisa ngasih sedikit pengingat ini. Semoga bisa bermanfaat. Semangat berjuang. Ingat, karena akhir yang baik selalu Dia berikan kepada mereka yang bekerja sebaik mungkin. [^_^]
NB: artikel buat anak Isy Karima dalem, Insya Allah gue bakal ngasih tips yang lengkap buat kalian. Doain aja yak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS