Ketika KEMENAG PHP

18/11/14

“Aku nggak tahu ini anugerah atau musibah, yang bisa kulakukan hanya bertaqwa pada Allah”
Kalimat nukilan ini pas buat menggambarkan keadaanku saat ini. Ya, harusnya hari ini aku berada di Brebes, mengikuti lomba STQ ke XXII. Tapi apa daya, Allah-lah yang punya kuasa untuk mengatur segalanya.

Semua cerita ini dimulai hari Jum’at kemarin. Habis keluar, biasa kita ber-ndoboz ria di masjid. Saling berceritera tentang kegiatan yang dilakukan dalam hari itu. Nah, pas aku balik ke kamar cerita dimulai. Ada surat yang tiba-tiba nampang di depan kaca lemariku. Kirain sih awalnya itu surat lama. Ternyata baru. Pemanggilan buat mewakili Karanganyar lomba tahfizh 30 juz ke Brebes. what?

Aku bingung. Habis itu aku interogasi semua adho’ di kamar, dan gak ada yang tahu. Aku juga tanya ke temen-temen se-angkatan, dan hasilnya sama. Ini KEMENAG-nya Gaje banget. -___-

Akhirnya besok pagi kuputuskan buat tanya ke penanggung jawab tahfizh ma’had.
“Ustad, besok Senin itu ana maju lomba ke Brebes-kah?”
“Loh, iya toh? Saya nggak tahu malah.”
“What?”, batinku.
Akhirnya undangannya aku kasih ke ustad itu, lalu beliau bilang, “Ya kalau mau ikut-ikut aja nggak papa, itung-itung sekalian persiapan buat ujian tahfizh juga”.
“Uhh”, aku (m)batin lagi.
“Ya udah tadz, insyaA”
Tiba-tiba ada ustad yang nimpali, “Kalau Ustad Fulan paling ente gak disuruh berangkat Da. La wong nggak jelas gini. Gak papa ente jual mahal aja, datengnya agak telat, paling nanti merekanya nunggu” (Sebelumnya aku cerita ke beliau tentang bagaimana pengalamanku nunggu di kantor KEMENAG selama 3 jam)
“Siap tadz”

Habis itu, berjalanlah waktu. Aku cari segala persiapan yang dibutuhkan. Dari baju, FC Akte, sampai pas foto berwarna. Bahkan aku juga udah Foto Copy materi pelajaran Kimia, biar nanti bisa belajar di sana. Begitulah.

Dan hari H, aku masih sempet setoran dulu. Habis itu persiapan, ngobrol bareng adho’, de el el. Jam tujuh seperempat aku baru mandi. Tiba-tiba ada adik kelas yang manggil, “Mas Huda, dicari ustad Fulan. Katanya KEMENAG marah-marah, ditunggu nggak dateng-dateng.”

Habis itu, aku langsung mempercepat langkah. Dan dianter kakak kelasku, aku langsung cabut ke KEMENAG. ngebut mode on pokoknya. Dan kalian tahu, sampai di sana, ternyata aku ditinggal rombongan -_-. Hasbunallah.

Habis itu, kita rundingan sama kepala KEMENAG, dan aku disuruh tetep berangkat. Naik bis sendiri. Payah. Jelas aku tolak lah. Kuker banget.
Dan setelah aku cari tahu keGJan lomba ini, tersimpulkan penyebabnya adalah;
1. KEMENAGnya gak teges ngasih undangan. Masak undangan dititipin ke satpam. Terus langsung dikasih langsung ke lemari lagi. Dan yang bikin tambah bingung, gak ada CP-nya.
2. Ternyata jadwal keberangkatan mereka dimajukan jadi jam 6 pagi. Dan aku gak dikasih tahu hal ini.
3. Mereka pagi itu katanya udah nunggu aku sampai jam setengah delapan, tapi nggak dateng-dateng, akhirnya ditinggal. Aku herannya kenapa mereka nggak konfirmasi ke ustad siapa gitu, tanya ada perwakilan atau enggak. Terus kalau emang ada ditunggu bentar gitu kek.
4. Ketika aku udah sampai KEMENAG, aslinya mereka juga baru sampai Solo, tapi pas dihubungi, mereka nggak mau nunggu.
Pokoknya gara-gara 4 hal di atas, aku jadi males waktu disuruh ngebis sendiri ke Brebes. Ogah. Lha penjabatnya nggak jelas gitu. Dan singkat cerita, aku batal berangkat ke sana, dan akhirnya balik ke Klaten. Meditasi. -_-

Degitulah gambaran umum cerita PHP yang nganyeli kemaren.

***

Afwan kalau ceritanya agak Gaje. Tapi begitulah adanya. Dan ketika aku muhasabah diri sendiri, mungkin kebatalan ikut lomba bermanfaat bagiku. Tapi nggak bisa ditulis, masih belum bisa jaga hati. :))

Semoga Allah segera memperbaiki urusan instansi-instansi di negeri ini.
Oh ya, hari ini Karanganyar tercinta ulang tahun ke 97. Allah yubaarik fiiha :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS