Hafal Al Qur’an dalam 40 hari

13/08/14

                Membaca judul di atas, membuat orang ngiler. Terbukti animo masyarakat begitu tinggi waktu unit IMTAQ kemaren mengadakan dauroh 40 hari hafal Al Qur’an. Yang dateng banyak bingit, bahkan melebihi kuota yang disediakan.

                Pertanyaannya, bisakah hal tersebut dilakukan? Jawabannya bisa. Ya emang, gue akui bukanlah sebuah kemustahilan seseorang bisa ngapal Al Qur’an dalam 40 hari. Dan anak-anak IMTAQ buktinya. Mereka bisa menyelesaikan hafalan mereka dalam waktu kurang dari 40 hari malah. Tapi satu pertanyaan yang terbesit, lancar gak tuh?

                Itu yang jadi ganjalan di benak kita, yang ada di negeri 2 menara. Enak banget sih, ngapal Al Qur’an 40 hari doang. Kita aja di ma’had sini, susah payah ngapal 3 tahun, eh ini enak banget bisa hafal dalam 40 hari. Dan ganjalan tersebut hancur ketika kita mendengar kisah dari ustad dan seorang peserta program tersebut.

                Sewaktu iktikaf kemaren, ada salah seorang peserta yang setoran ke gue. Setorannya sebenarnya agak kurang lancar, tapi biasa gue coba basa-basi. Habis setoran, gue nanya “mas udah hafal berapa juz?”. Beliau jawab 22. Waw. It’s amazing. Gue tanya, kok bisa. Terus beliaunya malah cerita tentang keikutsertaan beliau ke Makasar buat ikut program ini.

                Beliau jujur merasa kepayahan buat murojaah, karena pada dasarnya di program ini hanya dikhususkan buat menghafal doang. Beliau coba sharing ke salah satu ustadnya, dan ternyata ustadnya pun sebenarnya juga kurang sreg dengan program seperti ini.

                Gue juga dapet cerita dari musyrif halaqoh gue yang juga jadi musyrif program yang diadakan untuk anak IMTAQ. Beliau juga mengeluhkan yang sama, takut kalau seandainya anak IMTAQ pada kesusahan buat murojaah. Banyak yang beliau keluhkan pokoknya. Dan gue dengarnya juga miris.

                Sebenarnya, program ini bagus buat memotivasi orang menghafal Al Qur’an. Hafal Al Qur’an dalam 40 hari, bukankah mudah sekali? Tapi ada sisi minusnya, yang sebenarnya juga jadi masalah terberatnya. Dia Cuma hafal dalam 40 hari. Setelah itu, hafalannya menguap.

                Karena di sini, kita cuma disuruh menghafal, disetorkan, terus menghafal halaman selanjutnya dan seterusnya. Ibaratnya yang udah dihafalin itu udah gak diurusi. Fokusnya Cuma menghafal baru dan baru. Maka, ketika dia udah selesai menghafal 30 juz, dia akan kesulitan buat mengulanginya, karena seperti yang kami rasakan, proses memurojaah hafalan itu jauh lebih susah daripada proses menghafalnya.

                Kadang kita bingung dengan orang yang pengen menghafal dengan cepat, emang setelah 40 hari menghafal, apa yang pengen dia kerjakan? Mungkin penyebabnya karena mereka salah pengertian. Karena sesungguhnya hafizh mempunyai makna sama dengan menjaga. Jadi pada dasarnya, hafizh Al Qur’an mempunyai makna penjaga Al Qur’an, bukan sekedar penghafal.

                Tugas para hafidz sesungguhnya adalah menjaga bagaimana Al Qur’an selalu terjaga hingga hari Kiamat. Menjaga, agar ruh Qur’an terus tertanam dalam jiwa setiap Muslim. Menjaga, agar lisan mereka terus berkesinambungan untuk tetap melantunkan ayat ini.

                Karena Al Qur’an lebih mudah hilang, dibandingkan unta yang terikat. Maka, dibutuhkan proses untuk terus tilawah Al Qur’an dan mentadabburinya, agar ia tidak hilang dari hati. Gue gak menggembosi kalian, enggak. Gue hanya ingin, agar kalian tidak kehilangan substansi dari menghafal Al Qur’an. Gue hanya ingin kita semua sadar untuk terus menghidupkannya dalam setiap langkah kita, bukan hanya sekedar dalam waktu puluhan hari, atau beberapa bulan saja.

                Jujur, gue suka lihat orang yang berusaha keras buat menghafal kitab-Nya. Gue iri melihat mereka, yang siang malam bersusah payah tanpa henti untuk menghafalnya. Dan jujur, kadang gue miris, kalau mereka yang rajin menghafalnya susah, tapi  yang hidupnya asal-asalan bisa menghafal dengan cepat. Dan gue lebih miris, melihat orang pertama pengen jadi kayak orang kedua. Allahummaghfir..

Semoga kita tetap berupaya untuk menjaganya, dalam setiap keadaan kita. Semoga kita tetap diberikan semangat. Dan semoga Allah memudahkan kita untuk selalu dimudahkan dalam menjaga kitab-Nya. Wallahulmusta’an.

3 komentar:

  1. Iya bener banget tuh guys,gue yg baru dapet lima jus aja keteteran buat review~murojaah klo nyicil nyenyak ,emang kata kyai gue di pesantren Allah itu menyukai orang orang yang mengulang,jadi ini ada tambahan tips dari gue ,klo ngapalin Qur an usahakan tiap hari dibaca semua dr jus satu / awal ,biar mancep ,+ tambah lancar

    BalasHapus
  2. Iya bener banget tuh guys,gue yg baru dapet lima jus aja keteteran buat review~murojaah klo nyicil nyenyak ,emang kata kyai gue di pesantren Allah itu menyukai orang orang yang mengulang,jadi ini ada tambahan tips dari gue ,klo ngapalin Qur an usahakan tiap hari dibaca semua dr jus satu / awal ,biar mancep ,+ tambah lancar

    BalasHapus

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS