Cara Ngapal Al Qur'an

16/08/13


Okay sobat sobat gue yang makin kece abis :3. Besok pagi gue kudu uda merapat ke ma'had gue. Uda abis masa aktip liburan kali ini. Waktunya buat kembali ngecharge ilmu.. *curcol dikit.

  Kali ini gue mo ngebahas satu ulasan yang ditanyain banyak mahluk ke gue. Ga cuma satu dua orang, puluhan bahkan. Mereka tanya "gimana sih cara buat ngapalin Qur'an?", "Emang bisa ya, ngapalin Qur'an yang tebelnya ga kalah ama novel harry potter itu?", bahkan ada juga yang nanya "Make jampi-jampi apa Hud kok lu bisa ngapal Qur'an?" Hadeh. Masih ada beragam pertanyaan dengan redaksi yang bermacam-macam pula, yang intinya "Gimana caranya ngapal Al Qur'an".

Biar singkat, prolognya ga usah make lama, gue uda ngantuk ga ketulungan. Sebenarnya cara ngapal Al Qur'an ada banyak banget. Cuma biar gue ga dibilang "kaburo maqtan", gue cuma kasih tau ke sodara-sodari semua cara ngapal Qur'an yang udah gue coba. Sekedar info, kaburo maqtan arti sebenernya adalah sangat dibenci. Diambil dari surah As Shaf ayat 3. Cuman kata-kata kaburo maqtan uda jadi istilah populer orang yang Omdo(omong doang), ato istilah Jermannya Jarkoni (Ujar RA nglaKONI).

Oke sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum ngapal, yakni

    Pertama, Niatkan hati buat ngapal Al Qur'an
Ini yang paling penting. Karna niat adalah kunci semua amal. Innamal a'malu binniyat. Sesungguhnya tiap amal itu tergantung niatnya. Jadi kalo kalian pengen hafal Al Qur'an harus berniat bener-bener. Jangan cuman coba-coba. Masak buat kitab suci coba-coba? Masak ngapalin Kalamullah coba-coba? Ga banget kan?

    Kedua, sediakan mushaf
udah makruf kan?

   Ketiga, bergabunglah dengan halaqoh Qur'an
Ini ga wajib. Cuma bakalan membantu banget dalam proses mengahafal nantinya. Intinya bagusnya ikut halaqoh, kalo ga bisa sendirian pun gapapa.
---
Lalu langkah-langkahnya adalah

1. Bangun pagi, sholat subuh. Habis shubuh jangan tidur, karna waktu paling enak buat ngapal pagi hari

2. Cari tempat yang enak buat ngapal.

3. Kalo ngapal fokus dulu. Kalo gue sih perhalaman. Kalo bisa urut, jangan loncat-loncat

4. Baca halaman yang mo dihafal berulang-ulang. Yang ini relatif. Kalo gue sih cuma 5 kali, tapi kalo emang pengen bener-bener kuat, baca  40-70 x diulang-ulang terus.

5. Kalo uda, baru mulai ngapal. Jangan maksa langsung 1 halaman, tapi dikit demi dikit. kan kalo mushaf standar khot usmani per halaman ada 15 baris, jadi dibagi dulu. Bisa tiga tiga lima lima, ato delapan tujuh, intinya tergantung dari kemampuan kita masing-masing. Kita ambil sampel tiga-tiga

6. Kalo udah yakin 3 baris pertama hafal diluar kepala, lanjutkan ke 3 halaman selanjutnya, ulangi langkah
nomer 5, lanjutkan hingga 1 halaman habis.

7. Kalo udah selese 1 halaman, langsung ulangi halaman tersebut. Ingat jangan lihat mushaf.

8. Lanjut ke halaman berikutnya begitu seterusnya ulangi langkah 4-7.
 --------
Buat catatan

    1. Usahakan kalo ngapal halaman berikutnya, halaman yang udah hafal jangan dilupakan, tapi tetep dibaca. Buat batas, misalnya ngulang halaman yang udah diapal tiap dapet 5 halaman baru.
    2. Kalo udah selese 1 juz, ulangi lagi juz itu, sampe akhirnya lu yakin hafal 1 juz di luar kepala.
    3. Yang paling penting, meskipun ngapal sendiri, jangan ngarep bisa ngapal Qur'an otodidak. Setorkan hafalan kalian, bisa ke musyrif halaqoh ato temen. Setorkan, jangan dipendam sendiri.
    4. Seandainya udah hafal berjuz-juz, jangan lupa diulang-ulang, karena hafalan Qur'an bakalan ilang kalo ga pernah diulang. Hikmahnya, biar kita selalu membacanya


    Semua cara diatas adalah yang gue lakuin. Mungkin rada bingungin. Gue sendiri juga bingung :D. Susah sih jelasinnya. Namun intinya, semua dari kita punya cara sendiri-sendiri buat ngapal Qur'an. Kita semua bisa asal ada usaha dan kemauan. Well, semoga akhi dan ukhti semua bisa segera hafal Al Qur'an, dan kita bareng-bareng bisa ngasih mahkota ke ortu kita, dan bisa jadi kebanggaan mereka di dunia dan akhirat. :) *amin*. Mohon maaf kalo banyak salah, saya disini cuma minta doanya biar besok pas kembali ke ma'had Hidup Mulia, bisa ngeruk ilmu yang sebanyak-banyaknya, dan bisa berbagi lagi, InsyaAllah.


Wallahua'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS