Ntaran aja

15/08/13

Dikisahkan saat itu Ken membaca catatan kakeknya Rei yang tertempel diatas bungkus telor dadar jepang *namanya gue lupa, Ken mbatin *ngomong ke diri sendiri-pen.
" Aku hampir lupa hal yang terpenting. Kakek tidak akan pernah kembali lagi mengunjungi Tokyo. Dan Rei juga kehilangan kesempatan untuk memberikan foto ini ke kakeknya. Kakek Rei akan meninggal akhir tahun ini. "
   Jadi ceritanya waktu itu kakeknya Rei pulang ke kampung duluan. Padahal Rei pengen ngasih photo mereka ke kakeknya. Ken lalu ingat apa yang selalu dikatakan kakek Rei.

“Hanya memikirkan tanpa berbuat adalah percuma. Jika kamu tetap memikirkan bahwa selalu akan ada hari esok, kamu akan menderita. Mereka yang bilang akan melakukannya besok adalah orang yang bodoh.”
   Mengingat perkataan kakek Rei mendorong Ken untuk mengajak Rei mencari kakeknya dan ngasih foto tersebut. Awalnya Rei menolak, kan masih ada waktu laen pikirnya, tapi Ken menasehatinya *lagi bijak
" Kau harus melakukannya saat masih ada kesempatan. Kau jangan pernah berpikir dia ada di dekatmu terus. Menunda-nunda itu percuma. Kunjungi beliau sesering mungkin! Saat kau rindu, pergilah menemuinya! Kalo kau pikir ini (telornya) enak, bilang! Kau harus bisa kayak kakekmu atau kau bakal menyesal kayak aku!  "
  
Ken juga mengutip perkataan Kakek, “ Mereka yang bilang akan melakukannya besok adalah orang yang bodoh. “ Lalu Ken segera menarik Rei untuk mencari Kakek ke tempat perhentian bus yang menuju ke Hiroshima.

Ken berkata dalam hati" perkataan kakek telah menusuk hatiku, dengan penyesalan tiada akhir terhadap Rei. Rei selalu ada di sisiku. dan kupikir aku bisa menyatakan perasaan padanya kapan saja. kupikir aku selalu bisa, menyatakan perasaanku kepadanya kapan saja. Walau dia slalu ada di sisiku kayak ini, aku masih belom bisa berbuat apapun untuknya. Walau dia slalu ada di sisiku kayak gini, aku masih belom ngerti apapun. Aku ga pernah berfikir kalo suatu saat nanti, dia bakalan begitu sangat jauh. Aku ga mau Rei sepertiku, punya penyesalan yang dalam. Cukup aku aja yang mengalaminya. "
Sinopsis Operation Love-Proposal Daisakusen Episode 5
Singkat cerita, setelah berlari-lari mereka berdua berhasil menyusul kakek, pas sebelum beliau masuk ke dalam bus. Rei lalu ngasih foto mereka berdua dan bilang kalo telor dadar buatan kakeknya sangat lezat. Kakek terlihat bahagia dipuji cucunya. Oya Sebelum masuk, tiba-tiba Kakek bilang ke Ken kalo dia titip Rei padanya. Ken terkejut dengernya, secara. Spontan buat nutupi malunya, Rei minta kakek buat segera masuk ke dalam bus.
Jreng jreng jreng..
Afwan kelamaaen ceritanya. Yang tadi itu sebagian sinopsis Jdrama yang berjudul Proposal Daisakusen yaang ke 6. *drama lagi drama lagi--". Ahah, sory, gara-gara drama ini gue jadi suka liat drama drama Yamapi (Ken) dan Nagasawa (Rei) yang lain *eh.
  Lupakan yang tadi, kalo mo tahu dramanya liat ndiri. Intinya kali ini gue tertarik ama kata-kata kakeknya Rei
“ Mereka yang bilang akan melakukannya besok adalah orang yang bodoh. “
Quote ini nyungsep banget. Jleb. Nyindir orang-orang yang suka-suka nunda pekerjaan. *gue ngacung. Kalo ulama' kita punya istilah sendiri taswif. Katanya sih diambil dari kata saufa.
Emang penyakit ini uda jadi virus yang mematikan diantara umat Islam. Dari santri, aktivis dakwah, ampe ibu ibu PKK ga luput dari penyakit ini. Bahkan Rasulullah pun telah mewanti-wanti umatnya, sebagaimana pesan beliau kepada Ibnu Umar ra
"Jadilah kamu di dunia ini seakan-akan orang asing atau seorang pengembara. Bila kamu berada di sore hari, maka janganlah kamu menunggu datangnya waktu pagi, dan bila kamu berada di pagi hari, maka janganlah menunggu waktu sore, pergunakanlah waktu sehatmu sebelum sakitmu, dan hidupmu sebelum matimu.' [HR Bukhori, Ahmad, Tirmidzi dan ibnu Majah] 
 Emang, kadang kita lalai ama virus ini. Bahkan kita kalah ama orang Jepang yang berprinsip "menunda pekerjaan berarti menambah pekerjaan". Padahal, kita udah dapet wejangan dan wasiat orang yang katanya kita idolakan, sementara mereka? Lalu kenapa kita masi aja ngeyel. Hayoo :3
 Kalo ngomongin taswif, ujung ujungnya pasti nyesel. Awalnya cuman besok, besok, dan besok, tapi saat besok tiba cuman bisa nyesel, "yah.. ". Ngapain baru sekarang gue kerjain? Ngapain baru sekarang nyadar? Dan seabrek pertanyaan lainnya. Dan akhirnya kecewa berat.

Ngomongin taswif, gue juga inget kisah salah satu temen gue, temen seperjuangan di ma'had tahfizhul qur'an Hidup Mulia. Sebelumnya, buat jaga privasi, kehormatan, dan harga diri beliau, tanpa mengurangi kesopanan, gue ga sebutin namanya. _/\_

  Sebut saja dia Tsuru. Tsuru termasuk anak pintar, secara anak hidup mulia gitu*ups. Dulu, sebelum sekolah di ma'had Hidup Mulia, dia juga masuk smp yang tahfizhul qur'an. Kalo ga salah dia uda dapet 6 juz. Buat sekedar info, kalo ma'had gue syarat kenaikan kelas kudu bisa nyelesaiin 10 juz pertahun. Singkat cerita, si Tsuru ini ngremehin, kan gue uda punya celengan 6 juz, nyante aja, setornya bisa nanti-nanti.
  Tanpa terasa, waktu mepet tinggal beberapa bulan dan ternyata ia masih jauh dari target. Akhirnya dia kelabakan. Emang, kalo di ma'had hidup mulia pas mepet-mepet tenggat waktu tahfizh pada kalut, kalang kabut. Pokoknya situasinya chaos gitu lah. Kayak kudeta mursi di Mesir kayak gini. Akhirnya, tenggat pun tiba, dan si Tsuru ini belom sempet nyelesaiin targetnya. Yaudah, mau tak mau ingin tak ingin dia ga naek kelas. Akhirnya, ya nyesel.
  Ada juga temen gue yang lain. Sebutlah ia Niko. Dia juga lumayan pintar. Kalo yang ini rada serius ngejarnya. Tapi petaka tiba waktu tinggal seminggu. Waktu itu dia tinggal kurang beberapa halaman lagi. Dia pikir, halah masih ada waktu kok. Dia juga ikut program jalan-jalan buat anak yang udah selese target, padahal yang belom selese pada mati-matian ngejar. Akhirnya karna ngremehin, dia juga ga naek, padahal KURANG 3 HALAMAN doank. 3 Halaman. Yaudah, akhirnya dia juga nyesel.

Emang kalo ngomong taswif ga ada abisnya. Terlalu banyak contohnya. Bahkan di Al Qur'an juga ada. Kalo mau tahu cari sendiri ayatnya :) biar buka Qur'an. Intinya, gue mau ngingetin aja buat akhi ukhty, om tante dan sodara sodari yang ngaku Islam. Islam nggak ngajarin buat nunda pekerjaan, tapi sebaliknya. Tepat waktu om. Jadi jangan sampai kelak waktu di akhirat, kita termasuk golongan yang berkata "Rabbana amattana itsnataini wa ahyaitana istnataini fa'tarafnaa bidzunuubina" Wal'iyyadzubillah.

Masih mau coba bilang ntaran aja? Siap siap tanggung resiko ;)
Wallahua'lam bishshowab.
Special dedicated for my beloved friends, Tsuru and Niko. Jangan nyerah buat ngapal Al Qur'an. Ganbatte :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS