I

15/07/16

‘I’m iron man’, kalimat tersebut menjadi kalimat yang memulai sejarah marvel cinematic universe. Dimulai dari kisah fenomenal playboy pintar yang bisa membuat robot, akhirnya membuat studio marvel yakin untuk menerbitkan film-film lanjutannya.

Hampir puluhan film sudah diproduksi oleh studio marvel. Dan mengemas tagline marvel cinematic universe (MCU), film-film dari dunia captain america dan kawan-kawan mampu membius berjuta penonton di dunia.

Studio marvel pun berusaha melirik dunia tv series, di mana di sana telah ada drama superhero milik dc comics, arrow dan the flash. Meskipun cerita bisa dibilang biasa, akan tetapi kekuatan dari cerita berkesinambungan dan terintegrasi akan MCU membuat Agent of Shield menjadi favorit para pemirsa. Begitu indahnya jika dunia film saling bertautan antara satu dengan lainnya.

Di sisi lain, di dunia nyata sendiri, betapa suatu sistem yang terintegrasi masih perlu untuk diupayakan. Terutama di bidang kesehatan, di mana terkadang banyak muncul konflik dan polemik akan ketidaksaling pahaman ini.

Adalah salah satu contohnya, ketika di lapangan terjadi konflik antara dokter dan apoteker berkenaan dengan kewenangan memberikan pengobatan. Meskipun masing-masing memiliki tupoksi berbeda, akan tetapi tanpa kesepemahaman antara pihak satu dengan yang lainnya membuat masing-masing saling bersuudzon dan merasa pihak yang sebelah adalah pihak yang salah.

Maka bersebab itulah, dicanangkan program IPE, interprofesional education. Biar bisa jadi kayak MCU, atau nanti diubah jadi MPU, medical Profession Universe. Oke, hud receh.

Intinya, apa sih IPE itu? Kalau menurut WHO IPE bermakna sebuah proses pembelajaran antara berbagai mahasiswa kesehatan atau tenaga kesehatan dengan berbagai latar pendidikan dengan tujuan utama adalah interaksi antar tenaga kesehatan dan berkolaborasi untuk menghasilkan usaha kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dan usaha kesehatan lainnya.

Psst: Masih Kepo sama IPE? Sama. Maaf huda udah lelah ngetiknya di jalan2. Lagian ini aslinya juga postingan hari kemarin.

Kapan-kapan bisalah kita ngopi bareng bahas bahas masalah kedokteran lebih dalam. Siapa tahu jodoh.

Wonogiri, 150716
Yang lagi terjebak hujan di tengah turing .-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran Anda Untuk Perbaikan Diri dan Koreksi. Terima Kasih :)

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS